Sabtu, 01 Oktober 2011

PSIKOLOGI PENDIDIKAN


1.      Pengertian dan Definisi Psikologi dan Psikologi Pendidikan
Psikologi berasal dari bahasa Yunani psyce yang berarti jiwa, dan logos yang berarti ilmu. Oleh sebab itu secara harfiah (arti kata), psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang  jiwa di samping ditinjau dari arti katanya, psikologi juga dapat dilihat dar arti kata yang terkandung pada kata yang didefinisikan. Sartain (Dalyono, 2009) mengartikan : psychology is the sieentific study of the behavior of living organism, with especial attention given to human behavior. Secara singkat Ngalim Purwanto mendefinisikan psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia. (Hendyat Soetopo, 2010 : 1)
Psikologi pendidikan terutama menangani pembelajaran dan penyesuaian anak disekolah. Psikologi sekolah padaa sekolah dasar dan sekolah menengah mengetes para siswa , kemudian membuat rekomendasi mengenai pendapatan  pendidikan dan bekerja dalam tim perencanaan pendidikan. Psikologi pendidikan bekerja diperguruan tinggi, mengajar dan melakukan penelitian mengenai pengajaran dan pembelajaran (Alexander & Winne, 2006). (King, Laura A. 2010 : 26)
Psikologi dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku dan proses mental. (Atkinson, Rita L. dkk. 2011 : 15)


Psikologi pendidikan adalah cabang dari ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan

Pengertian Psikologi

Psikologi (dari bahasa Yunani Kuno: psyche = jiwa dan logos = kata) dalam arti bebas psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa/mental. Psikologi tidak mempelajari jiwa/mental itu secara langsung karena sifatnya yang abstrak, tetapi psikologi membatasi pada manifestasi dan ekspresi dari jiwa/mental tersebut yakni berupa tingkah laku dan proses atau kegiatannya, sehingga Psikologi dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku dan proses mental


Tidak ada komentar:

Posting Komentar